Mulai 1 Agustus 2013, Blog Keuangan PTA Gorontalo beralih ke Portal Keuangan PTA Gorontalo | Untuk mengunjungi portal baru kami klik di sini |
https://paisleycarrot.files.wordpress.com/2012/03/website_moved.jpg?w=601&h=429&h=429

Kamis, 24 November 2011

SUPERVISI DI BAGIAN KEUANGAN, PENILAIAN DI MEJA INFORMASI


Kesibukan Staf Bagian Keuangan mempersiapkan data-data yang akan disupervisi
Gorontalo | pta-gorontalo.go.id (9/11)
PTA Gorontalo Dalam dua hari ini mendapat kunjugan dari Biro Keuangan Mahkamah Agung RI dan dari tim penilai meja informasi di Badan Peradilan Agama MA-RI. Kunjungan yang hampir bersamaan ini masing-masing ditugaskan untuk melihat dari dekat bagaimana kinerja dua lingkungan peradilan yang ada di Provinisi Gorontalo.
Menurut informasi yang dihimpun oleh Tim IT PTA Gorontalo melalui Kasubag Keuangan PTA Gorontalo Harsono P. Rahman, S.HI, bahwa supervisi kali ini meliputi pemeriksaan petugas PNBP baik untuk Buku Kas Umum (BKU) serta buku pembantu. Sedangkan untuk bendahara yakni kwitansi-kwitansi pertanggung jawaban maupun laporan pertanggung jawaban, Buku Kas Umum (BKU) bendahara pengeluaran serta buku kas lainnya.
Dalam pemeriksaan kali ini, Ibu Emmy Sapartiningrum, SE  beserta rombongan melaksanakan pemeriksaannya secara marathon. Diawali dari PT Gorontalo sesaat setelah kedatangannya pada Selasa sore tanggal 8 November 2011 di Provinsi Gorontalo, dilanjutkan di PTA Gorontalo pada malam harinya dan usai pemeriksaan di PTA Gorontalo, tim supervisi langsung bertolak ke ujung Provinsi Gorontalo untuk melakukan supervisi di PN Marisa pada esok paginya.
Disamping tim yang memeriksa masalah keuangan, hadir juga di Provinsi Gorontalo Bapak Rahmat Ariwijaya, S.Ag. M.Ag dan Zaenal Abidin, SE sebagai tim penilai meja informasi dari Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI. Tim ini sengaja di datangkan untuk melihat secara langsung bagaimana tampilan depan Pengadilan Agama di Provinsi Gorontalo yang dalam hal ini meja informasi.
Wawancara Tim Penilai Meja Informasi kepada Petugas Informasi
disaksikan oleh Wakil Panitera PTA Gorontalo
Ketua PTA Gorontalo Drs. H. M. Sunusi Khalid, SH. MH, yang menerima kunjungan ini di ruang kerjanya menyampaikan rasa terima kasih kepada Dirjen Badilag karena telah bersedia mendatangkan timnya untuk menilai bagaimana pelayanan meja informasi di wilayahnya.
“Di Provinsi Gorontalo hanya ada tiga PA dan PA Gorontalo Klas I yang berada di ibukota provinsi selayaknya telah menggunakan gedung yang telah prototype. Namun untuk sekarang ini PA Gorontalo hanya menempati gedung yang berukuran kurang lebih 300 M2 di atas tanah 567 M2. Maka untuk pelayanan meja informasi masih belum tertata sebagaimana yang diharapkan”, papar KPTA
“Lain halnya dengan PA Limboto, PA Limboto saat ini sedang dalam tahap renovasi gedung. Untuk saat ini proses pelayanan kepada pencari keadilan hanya menggunakan sisa-sisa gedung yang belum dibongkar. Jadi, untuk pelayanan meja informasi juga belum bisa dimaksimalkan”, tambahnya
“Untuk PA Tilamuta, saat ini gedungnya mengalami rehab total dan sementara ini meminjam gedung eks kantor Kejaksaan Negeri Tilamuta. Bila dilihat dari kondisi yang ada, sangat tidak memungkinkan untuk menyediakan tempat khusus untuk pelayanan meja informasi di tempat itu”, tutur KPTA
Ketiga kondisi ini dipaparkan oleh Ketua PTA Gorontalo kepada tim penilai meja informasi sebelum tim ini memulai tugasnya.
Dimulai dari meja informasi PTA Gorontalo, petugas penilai langsung melakukan wawancara kepada petugas informasi. Jumlah perkara, SOP Meja Informasi bahkan kendala-kendala yang dihadapi dalam memberikan informasi menjadi pertanyaan-pertanyaan yang disuguhkan kepada Mardiana Abubakar, S.HI selaku petugas informasi.
Disamping wawancara langsung dengan petugas informasi, tim penilai juga mengambil data sampel bagaimana pelayanan informasi di tempat ini serta mendokumentasikan penataan ruangan pelayanan meja informasi di PTA Gorontalo.
Usai melaksanakan tugas di PTA Gorontalo, tim penilai yang didampingi Kasubag Umum PTA Gorontalo Ismail Koniyo, S.HI melanjutkan tugasnya di Pengadilan Agama Gorontalo dan Pengadilan Agama Limboto. (Humas PTA Gorontalo) - http://www.pta-gorontalo.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar